Ing ngarso sun tuladha ing madya mangun karsa tut wuri handayani

Animasi

Cari Blog Ini

Minggu, 09 September 2012

Ciri-Ciri Wanita Hamil

Kehamilan merupakan dambaan bagi mereka yang sudah berpasangan ( suami istri ), karena hamil itu sendiri merupakan anugerah Tuhan bagi kelangsungan hidup manusia. Bagi Ibu/bapak hamil merupakan cikal bakal munculnya generasi penerus meraka untuk melanjutkan cita-cita besarnya dalam mengarungi kehidupan ini.

Walaupun setiap wanita kadang memiliki tanda/ciri yang berbeda-beda namun secara garis besar beberapa diantaranya sama.

Berikut Ciri-Ciri Wanita Hamil :


  1. Berhentinya Haid / Menstruasi
    Pada bulan berjalan Haid/menstruasi sudah tidak lagi didapatkan, Untuk itu perlu diketahui secara pasti waktu hari pertama datangnya haid agar anda dapat mengetahui usia kehamilan dan perkiraan waktu persalinan istri anda. Walaupun demikian, perlu di ketahui bahwa haid yang tidak tepat waktu juga dapat disebabkan oleh hal-hal lain.
  2. Mual & Muntah
    Akibat adanya perubahan hormon pada isitri anda. Mual muntah ini sering disebut sebagai “morning sickness” karena biasanya mual dan muntah tersebut terjadi di pagi, siang dan malam hari pada bulan-bulan pertama kehamilan. Hal ini karena adanya peningkatan hormon secara tiba-tiba pada aliran darah.
  3. Sering Buang Air Kecil ( sering kencing )
    Ini terjadi Enam minggu pertama karena kandung kencing istri anda tertekan oleh rahim yang membesar. Keluhan beser ini biasa akan berkurang pada kehamilan setelah 12 minggu dan timbul kembali setelah kehamilan 28 minggu.Timbulnya sering kencing ini juga disebabkan karena selama kehamilan jumlah darah dan cairan lainnya dalam tubuh akan meningkat peningkatan itu sebagai cairan tambahan untuk janin anda, yang menyebabkan adanya ekstra cairan yang diproses di ginjal dan kemudian berakhir di saluran kemih anda. Walaupun buang air kecil ini sering, jangan sampai membatasinya atau menahannya. Selain itu hindarkan dehidrasi dengan lebih meningkatkan asupan cairan ke dalam tubuh.
  4. Payudara Kaku dan Membengkak ( kadang nyri & sakit )
    Payudara yang kaku, membesar dan membengkak tersebut kadang disertai rasa gatal-gatal dan sakit. Hal ini disebabkan karena peningkatan level hormon dalam tubuh. Rasa sakit yang ditimbulkan sama seperti saat anda akan mendapatkan periode menstruasi. Namun rasa tidak nyaman ini secara bertahap akan hilang setelah tri semester pertama, karena tubuh telah dapat menyesuaikan dengan perubahan hormon yang terjadi.
  5. Lemah, Letih dan Sering Capek-capek
    Perasaan capek dan letih sepanjang hari. Belum diketahui secara pasti apa penyebabnya, namun kemungkinan rasa ngantuk ini disebabkan karena peningkatan level hormon progesteron dan kinerja organ-organ vital untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan janin, terjadi pada trisemester pertama.
    Pada trisemester kedua, biasanya anda sudah akan merasa lebih enerjik lagi, walaupun biasanya rasa capek ini akan datang lagi pada akhir masa kehamilan, hal ini disebabkan karena anda membawa beban badan yang cukup berat dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kehamilan sehingga sering kali tidak dapat tidur dengan nyaman di malam hari.
  6. Pusing-pusing ( sakit kepala )
    Memang terdengar aneh, karena sakit kepala sering dialami juga oleh orang yang tidak hamil. Namun akibat dari banyaknya perubahan hormon di dalam tubuh, sehingga disertai juga dengan perubahan hormon yang ada di kepala. Jika Anda terbukti hamil dan mengalami sakit kepala, gunakan pg-safe acetaminophen dibandingkan dengan ibuprofen.
  7. Sakit Punggung
    Sakit punggung yang dirasakan saat hamil dikarenakan beberapa ligamen di punggung Anda sudah tidak ada. Sakit ini akan terus berasa saat berat badan anda bertambah dan selama masa kehamilan. Yakinkan pada suami Anda bahwa ini hanya terjadi selama masa kehamilan saja agar tidak timbul salah persepsi nantinya.
  8. Emosional Kurang Stabil
    Wanita hamil cenderung lebih sensitif misalnya, Cemburuan, gampang menangis, gampang marah. Hal ini disebabkan karena produksi hormon progesteron dan estrogen yang fluktuatif.
  9. Peningkatan Temperatur Tubuh
    Jika terjadi kehamilan atau ovulasi, maka suhu tubuh ibu akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan selama terjadinya kehamilan. Kondisi ini tidak akan turun ke kondisi sebelum terjadinya ovulasi.
  10. Pusing atau pingsan
    Mungkin Anda sering menonton adegan wanita hamil yang pingsan. Namun faktanya ini dapat terjadi karena kadar jumlah gula di tubuh yang rendah. Oleh karena itu, pastikan anda cukup makan dan tentunya banyak minum supaya tidak kekurangan cairan tubuh.
  11. Sembelit
    Sembelit ini terjadi akibat peningkatan hormon progesterone. Hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Namun keuntungan dari keadaan ini adalah memungkinkan peyerapan nutrisi yang lebih baik saat hamil.
  12. Munculnya Bercak Darah
    Bercak darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Bercak darah ini disebabkan oleh implantasi atau menempelnya embrio.
  13. K R A M
    Apakah ini PMS atau hamil. Memang kram akan dialami oleh wanita hamil karena rahim yang akan membesar dan merenggang untuk menyiapkan tempat bagi bayi Anda.
  14. Perut Bagian Bawah Terasa Sakit
    Perut akan terasa lebih kencang seperti mau BAB (Buang Air Besar). Akan dirasakan pada kehamilan 16 & 18 minggu akibat kontraksi.
  15. Peningkatan Gairah Seksual ( sebagian wanita )
    karena adanya pengaruh Hormonal pada sebagian wanita mengalami peningkatan naluri dan gairah sex yang menggebu-gebu.
  16. Perubahan Kulit
    Timbulnya flek-flek hitam di wajah dan lipatan tubuh. Hal ini dsebabkan karena adanya perubahan hormonal.
  17. Urin Berwarna Agak Keruh
    Biasanya perubahan warna urin terjadi pada awal-awal kehamilan
  18. Bau Badan
    Mungkin tanda ini jarang ditemui pada wanita hamil. Namun jika memang muncul bau badan, maka adanya peningkatan hormon yang berlebih sehingga menyebabkan kelenjar keringat meningkat.
  19. Ngidam / Nyidam
    Sudah tidak asing lagi mendengar kata ini saat ada seseorang yang sedang hamil. Mau ini, mau itu lalu tiba-tiba Anda ingin makan buah-buahan yang rasanya asam, padahal sebelumnya sangat benci terhadap buah yang rasanya asam. Jika Anda menjadi pemerhati masalah makanan, mungkin ini adalah tanda-tanda sedang hamil.
  20. Hasil Positif Pada Tes Kehamilan
    Anda tidak akan tahu pasti apakah anda menjadi seorang ibu sampai anda melakukan tes kehamilan. Jika Anda mendapatkan hasil negatif dan masih belum mendapatkan haid, mungkin itu hanya saja anda terlalu dini untuk melakukan tes kehamilan. Tunggu beberapa hari dan coba lagi. Jika itu positif, maka kami ucapkan selamat! Anda akan menjadi seorang ibu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar