Ing ngarso sun tuladha ing madya mangun karsa tut wuri handayani

Animasi

Cari Blog Ini

Jumat, 26 April 2013

TIK



INTERNET, MODEM, WI-FI

Teknologi dan informasi yang ada di Indonesia, semakin hari selalu mengalami kemajuan yang luar biasa, dari yang mudah hingga yang tua tidak ada yang mau kalah dan mengalah dengan adanya teknolgi ini, salah satunya yang mengalami kemajuan adalah internet,  internet tidak bias jalan tanpa adanya modem, dan saat ini banyak modem yang sudah mengalami perubahan. Dulu internet hanya bias dimainkan hanya untuk diri sendiri tapi kini tidak lagi karena sekarang ini ada yang lebih canggih lagi,yaiu dengan menggunakan wi-fi. Pertanyaannya sekarang apakah kita semuanya telah tau apa itu sebenarnya, internet, modem, dan wi-fi.
Disini saya mencoba untuk memaparkannya.
1.      Internet
pengertian internet menurut segi ilmu pengetahuan, internet adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa teks, grafik, audio maupun animasi dan lain lain dalam bentuk media elektronik. Semua orang bisa berkunjung ke perpustakaan tersebut kapan saja serta dari mana saja, jika dilihat dari segi komunikasi, internet adalah sarana yang sangat efektif dan efesien untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun jarak dekat, seperti di dalam lingkungan perkantoran, tempat pendidikan, atapun instansi terkait.
Pada awalnya internet adalah suatu jarangan komputer yang dibentuk oleh Departemen Amerika Serikat pada awal tahun 60 an, pada waktu itu mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer berbabis UNIX bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Dulunya internet dikenal sebagai suatu wadah bagi para peneliti untuk saling bertukar informasi yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan komersil sebagai sarana bisnis mereka, dan pada saat ini pengguna internet tersebar di seluruh dunia telah mencapai jumlah lebih dari dua ratus lima puluh juta orang, dan jumlah itu masih akan terus bertambah lagi.
Bertambahnya jumlah pengguna akses internet tersebut memang sangat wajar sekali, saat ini internet bukan hanya digunakan sebagai sarana komunikasi atau pun sarana mencari informasi saja, tetapi juga telah digunakan sebagai sarana untuk mencari uang. Harga tarif akses internet pun saat ini juga telah lebih murah jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. dan pengguna akses internet pun bukan hanya orang yang berada di wilayah perkotaan saja, orang yang tinggal di pedesaan pun juga dapat mengakses internet. Internet bias diakses dimanapun dan kapanpun bias, salah satunya adalah dengan menggunakan ponsel, tablet, laptop, dan sebagaimnya SAMSUNG Galaxy Tab 2 7.0 Espresso 16GB - Silver [GT-P3100TSEXSE], SAMSUNG Galaxy Tab 2 7.0 Espresso 8GB Wi-Fi - White


2.      Modem

Modem adalah singkatan dari modulator / demodulator, pengertian modem Internet adalah sebuah perangkat keras atau Hardware internet yang bisa berupa perangkat internal atau eksternal yang di gunakan pada komputer. Modulator dapat diartikan sebagai bagian yang kegunaannya menjadikan sinyal informasi sehingga dapat berubah menjadi sinyal pembawa (Carrier) sehingga dapat dikirimkan. Sedangkan Demodulator dapat diartikan sebagai bagian yang kegunaannya memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi yang didapatkan tersebut dapat diterima dengan baik.

A. Fungsi Modem
Fungsi modem yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya. Sekarang ini modem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat, misalnya voice modem. Dengan adanya fasilitas voice modem ini, merubah fungsi modem bukan hanya sebagai penyambung ke internet tetapi lebih dari itu, modem dapat menjadi saluran radio, audio, percakapan telepon sampai streaming video.

Alur Pengiriman Informasi melalui Modem
Data yang berasal dari sebuah komputer berbentuk sinyal digital yang diarahkan kepada modem, kemudian modem mengubah sinyal tersebut menjadi sinyal analog agar bisa dikirimkan. Setelah sinyal digital telah berubah menjadi sinyal analog lalu dikirimkan melalui media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer penerima.

B. Jenis Jenis Modem
    • Modem Dial Up
Modem Dial up atau yang biasa disebut dengan hubungan langsung ialah modem yang digunakan sebagi media koneksi internet melalui media kabel telepone. pada umumnya modem jenis ini bersifat internal atau dipasang langsung pada motherboard tetapi juga ada yang Eksternal yaitu perangkat dipasang diluar komputer.
    • Modem ADSL
Teknologi ADSL sebenarnya teknologi lama, tetapi terus diperbaharui untuk meningkatkan kecepatan transfer modem. Teknologi ADSL memiliki keterbatasan, seperti jarak jangkauan dari telco atau gardu induk telepon dengan modem pelanggan tidak boleh terlalu jauh. Semakin jauh jarak wilayah rumah anda dengan gardu induk utama dan semakin banyak lompatan dari gardu Telco, akan menurunkan kecepatan koneksi
    • Modem CDMA
Modem CDMA merupakan jenis modem dengan sistem komunikasi internet melalui jalur komunikasi CDMA (Code Division Multyple Acces). Pada umumnya modem cdma berbentuk Flashdisk yang dihubungkan melalui USB dapat digunakan sewaktu-waktu. Kecepatan CDMA telah mencapai 3X sistem koneksi dial up. SMARTFREN USB Modem Wifi Rev.B [DF79B]
    • Modem GSM
Modem GSM mempunyai kesamaan dengan modem CDMA,yaitu komunikasi internet dengan menggunakan jalur komunikasi GSM (Global Systewm for Mobile Communication), seperti modem CDMA modem GSM juga berbentuk USB, PCMCIA dan dapat menggunakan ponsel yang memiliki fitur sebagai modem.



3.      Wi-fi

* Jubilee Interprise: 2012; 27
Wifi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat Wireless Local Area Network (WLAN)

* Onno W. Purbo: 2006; 233
Wifi merupakan media radio yang sifatnya sharing atau digunakan bersama

* Yuhefizar: 2008; 77
Wifi adalah singkatan dari Wireles Fidelity, yaitu seperangkat standar yang digunakan untuk komunikasi jaringan lokal tanpa kabel (Wireless Local Area Network-WLAN). yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11

* Doni Kurniawan: 2008; 15
Wifi adalah teknologi lama dan sebenarnya sudah disertakan di beberapa notebook Pentium 3. Namun di notebook Pentium 4 dan generasi diatasnya teknologi tersebut sudah wajib hukumnya.

* Wikipedia
Wifi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu komplotan standar yang digunakan untuk jaringan lokal nirkabel (Wireless Local Area Network - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE b02.11




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar