Ing ngarso sun tuladha ing madya mangun karsa tut wuri handayani

Animasi

Cari Blog Ini

Minggu, 15 Mei 2011

ARTI ISTILAH

ARTI ISTILAH
KEPRAMUKAAN GERAKAN PRAMUKA DAN PRAMUKA
} Kepramukaan: “Scouting is not a science to be solemnly studied, nor is it collection of doctrine and texts. No! it is a jolly game in the out of doors, where boy-men and boy can go adventuring together as leader and yougher brother picking at health and happiness, handicraft and helpfulness” (Lord Boden Powell dalam bukunya B-P’s Out Look)
Kepramukaan bukanlah suatu ilmu yang harus dipelajari secara tekun, bukan pula merupakan suatu kumpulan dari ajaran-ajaran dan naskah-naskah buku. Bukan! Kepramukaan adalah suatu permainan yang menyenangkan di alam terbuka tempat orang dewasa dan anak-anak pergi bersama-sama, mengadakan pengembaraan seperti kakak beradik, membina kesehatan dan kebahagiaan, keterampilan dan kesediaan memberi pertolongan. (Lord Boden Powell)
Proses pendidikan yang dimana-mana di seluruh dunia sama
} Gerakan Pramuka: Nama organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan Kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia.
} Pramuka: Kata pramuka juga dapat disebut praja muda karana, yaitu: rakyat muda yang suka berkarya. Pramuka juga merupakan sebutan bagi anggota gerakan pramuka yang berusia antara 7-25 tahun dan berkedudukan sebagai peserta didik, yaitu SIAGA, PENGGALANG, PENEGAK, dan PANDEGA. Kelompok anggota lain yaitu PEMBINA PRAMUKA, ANDALAN, PELATIH, PAMONG SAKA, STAF KWARTIR, dan MAJELIS PEMBIMBING.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar